Sistem kerja atas dana yang diberikan kepada startup

Sistem kerja atas dana yang diberikan kepada startup

Dibawah ini adalah ringkasan garis besar atas alur kerja startup yang telah mendapatkan pendanaan. Alur proses nya terdiri dari 4 langkah sederhana, dan cara kerja nya hampir sama dengan proses kerja sama usaha pada umum nya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut.

Setelah Melakukan Penanaman Modal:

Ketika Investor telah memberikan modal untuk membiayai startup tertentu, modal tersebut akan di simpan dan dikelola oleh Pengeloa startup yang di danai. Modal tersebut mungkin akan di simpan terlebih dahulu, dan tidak langsung digunakan untuk membangun usaha. Dikarenakan melakukan ekspansi usaha atau pembangunan usaha membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian sumber daya untuk melakukan nya. Yang berarti, membutuhkan persiapan waktu. Namun, dalam periode tersebut, Investor seharus nya sudah bisa menerima pembagian hasil dari startup yang di danai, apabila startup yang di danai tersebut sebelum nya sudah berjalan.

Memulai Ekspansi Usaha atau Pembangunan Usaha

Setelah Pengelola mendapatkan dana dari Investor, mereka kemudian akan melakukan ekspansi usaha atau membangun startup yang di biayai oleh investor. Pengeloa biasanya tidak akan menunggu hingga dana harus terkumpul dalam jumlah yang sesuai yang ditargetkan terlebih dahulu, karena ini tidak efektif. Apabila telah ada modal dana yang masuk, biasanya mereka langsung menggerakan nya. Pada tahap ini juga, Pengelola tetap bisa membuka jalur investasi kepada investor baru yang berniat melakukan penanaman modal. Jalur investasi pada startup biasanya akan ditutup apabila target pendanaan yang telah ditentukan oleh pihak Pengelola sudah tercapai.

Pembagian Hasil yang dilakukan

Telah dikatakan sebelum nya, bahwa ketika Investor telah melakukan penanaman modal, Investor bisa langsung tetap mendapatkan pembagian hasil atas operasi usaha yang dijalankan, jika startup yang di danai tersebut telah berjalan sebelum nya. Dalam tahap ini, pendapatan tidak akan langsung melejit dan mungkin masih sedikit. Tentu saja karena startup tersebut belum selesai melakukan ekspansi usaha nya atau masih belum selesai berkembang. Diperlukan waktu setidaknya 1-6 bulan untuk menyelesaikan pembangunan usaha. Ini adalah proses bisnis, dan bukan Skema Ponzi. Sehingga Pengelola tidak bisa langsung memberikan Investor keuntungan besar setelah Investor melakukan penanaman modal. Keuntungan yang bisa mereka berikan kepada Investor adalah murni berasal dari pembagian hasil atas operasi usaha yang dijalankan. Bukan dari dana investor lain yang di ambil untuk diberikan kepada kepada investor lain nya.

Setelah melakukan Pembangunan atau Ekspansi Usaha

Ketika startup yang di danai investor telah selesai melakukan ekspansi usaha, maka di tahap inilah, keuntungan akan terasa. Startup itu akan mulai beroperasi dengan normal, dan mulai mengalirkan pendapatan.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
AKBAR WIGUNA
1 year ago

Terimakasih STASASHI sangat bagus sekali saya tunggu update menarik lainnya ?