Hal yang perlu di perhatikan Sebelum Mengambil Keputusan Kerja Sama

Hal yang perlu di perhatikan Sebelum Mengambil Keputusan Kerja Sama

Sebelum membahas tentang bagaimana menemukan mereka, ada beberapa hal penting yang sangat harus diketahui sebelum memilih dan membuat kesepakatan kerja sama. Hal ini penting untuk diketahui, dikarenakan biasanya emosi mempengaruhi keputusan. Maksud nya, jangan tergiur dengan siapapun yang mengajak Anda bekerja sama dalam bisnis, walaupun dia menjamin kalau bisnis itu pasti untung, dan merayu- rayu Anda dengan bualan keuntungan sekian juta atau sekian ratus persen dari modal yang ditawarkan. Panduan beserta penjelasan logis ini adalah persyaratan yang tidak bisa ditawar, yang akan menyelamatkan Anda dari emosi yang menipu diri Anda sendiri, dalam mengejar keinginan memiliki sebuah bisnis.

Jangan pernah bekerja sama dengan orang yang memberikan jaminan penghasilan

Dibelahan bumi manapun, tidak ada satu bisnis pun yang tidak memiliki resiko. Jika ada orang yang menjamin bahwa dana yang diberikan untuk perluasan pasar pasti akan menghasilkan keuntungan, itu adalah suatu kebohongan besar dan indikasi penipuan.

Adanya perjanjian dengan kekuatan hukum

Jika ada orang yang ahli di suatu bidang, yang mau mengelola uang Anda, dan memberikan sebagian keuntungan nya, maka bisa dikatakan Anda sangat beruntung menemukan orang seperti itu. Menemukan tenaga ahli berpengalaman itu sulit sekali. Banyak orang yang bisa Anda pekerjakan jika memiliki uang, namun kebanyakan orang- orang itu tidak memiliki keahlian spesifik di dalam sebuah bidang. Jika Anda memaksakan mempekerjakan mereka, semua beban fikiran Anda sendiri yang menanggung nya. Dikarenakan mereka tidak bisa berfikir untuk Anda. Mereka hanya bisa bekerja dan bertindak, jika diberi perintah saja. Tetapi tidak bisa mengambil keputusan yang tepat. Karena mereka bukan orang yang ahli.

Dalam bekerja sama dengan seorang yang ahli di suatu bidang, atau sebut saja seorang Master di bidang tertentu, hal yang harus diwaspadai adalah memastikan mereka menggunakan modal yang diberikan tanpa melakukan kecurangan. Oleh karena itu, perjanjian hitam diatas putih perlu dilakukan untuk memastikan nya. Jika ada kecurangan, maka Anda bisa menuntut nya secara hukum.

Namun ingat !. Anda berada dalam dunia bisnis. Dan setiap bisnis selalu memiliki resiko. Anda tidak bisa menginginkan “Uang harus kembali secara penuh jika terjadi kegagalan bisnis”. Itu perjanjian yang konyol. Menemukan seorang ahli yang mau memutarkan uang Anda di dalam bisnis nya, apalagi mau memberikan pembagian hak milik atau saham, sudah merupakan suatu keberuntungan. Jangan meminta hal berlebih jika tidak mau kehilangan apa yang sudah ada di depan mata.

Adanya Catatan Penjualan

Orang bisa mengatakan kalau dia berhasil menjual banyak barang. Orang bisa dengan gampang nya mengatakan dagangan nya laku pesat. Tapi, seperti kata pepatah; Lidah tidak bertulang. Anda harus meminta catatan penjualan dari orang tersebut, atas performa bisnis nya. Sebagai bukti nyata tentang kondisi bisnis yang sebenarnya terjadi. Anda pun harus meminta catatan penjualan setidak nya satu tahun terakhir. Jangan hanya beberapa bulan terakhir saja, karena hal itu tidak akan bisa mencerminkan kondisi yang sebenarnya.

Jangan Bekerja Sama dengan Bisnis yang baru berjalan

Bekerja samalah dengan pihak yang sedang memperluas pangsa pasar atau yang sedang melakukan ekspansi usaha. Resiko menanamkan modal ke dalam bisnis yang masih dalam masa rintisan, sama seperti mempekerjakan orang malas dan tidak berpengalaman di posisi manajer. Kebanyakan hal itu akan menciptakan kegagalan.

Harus ada Administrasi yang Jelas

Laporan administrasi berupa pembagian hasil, perhitungan pendapatan, arus kas yang terjadi, dll, harus transparan, jelas dan bisa dibuktikan. Sebuah laporan angka perhitungan saja tidak cukup !. Semua perhitungan itu harus ada pembuktian nya. Biaya operasional yang terjadi pun harus ada rincian pembuktian nya. Semua harus ada dokumentasi pembuktian. Tanpa itu, laporan akan mudah sekali dimanipulasi.

Cari Referensi

Seperti halnya ketika Anda ingin melamar seseorang, Anda harus mendapatkan informasi untuk memvalidasi keputusan yang akan diambil. Namun, jika Anda hanya ingin menanamkan modal tidak lebih dari 20 juta (yang tergolong tidak besar dalam suatu bisnis), Anda tidak perlu menyelidikinya sampai ke Kantor Catatan Sipil untuk mendapatkan informasi. Cukup lihat komentar orang- orang yang pernah bekerja sama dengan orang/ pihak tersebut. Apakah feedback nya positif atau negatif. Namun pastinya, jangan sampai jika ada satu feedback negatif, kemudian Anda menilai kalau orang/ pihak tersebut buruk. Lihatlah aplikasi luar biasa di Google Play Store. Meskipun aplikasi itu hebat dan gratis, selalu ada orang yang memberikan satu bintang (atau nilai terendah) dan meninggalkan feedback negatif, ya kan !?.

Dimanapun dan siapapun orang nya, asalkan memiliki persyaratan tersebut, maka Anda bisa mempercayakan dia bekerja untuk Anda. Biarkan orang lain yang lebih ahli, yang lebih berpengalaman dan memiliki sumber daya yang memadahi, yang sudah memakan pahitnya menjalani masa merintis usaha, bekerja menghasilkan uang untuk Anda. Mereka ada dimana saja. Cari dan buka mata Anda untuk melihat peluang tersebut.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments