• Jam Kerja: 19:00-22:00 WIB
  • Hari Kerja: Senin- Sabtu
  • Office Phone: (024) 7690 2880

Implementasi Ide di StartUp Foxy Tracker

Catatan: Ini adalah sebuah dokumen tahun 2017 yang baru saat ini di release. Beberapa konten mungkin sudah tidak relevan dengan keadaan sekarang. Dokumen ini di publikasikan hanya untuk sebagai Track Records atas perjalanan bisnis Foxy Tracker.

 

Pendahuluan

STAR SHARE adalah sebuah nama kelompok yang menggerakan Foxy Tracker. Tidak menggunakan nama yang sama seperti Foxy Tracker, karena sebelumnya tim ini dirancang untuk mengelola layanan lain, selain Foxy Tracker.

Kami percaya, Orang yang memiliki penalaran kuat –meski memiliki basic kemampuan sedikit, mampu melakukan sesuatu dengan hanya membaca Panduan Tertulis (OLP) dan memahami Pengetahuan Dasar (PD) nya saja.

Dalam membuat websites, Anda tidak harus menguasai PHP, HTML, Java, dll. Terlebih, karena layanan di Foxy Tracker tidak menerima Customize Order. Eksekutor (orang yang mengerjakan order) hanya perlu memahami sebuah ilmu yang terbatas saja, untuk bisa membuat websites.

Contoh Implementasi

Silahkan lihat penjelasan tentang Sistem Kerja Layanan (SKL) dan Contoh Panduan Tertulis atau Online Learning Procedure (OLP) untuk mengeksekusi order layanan Facebook Delete. Silahkan Masuk dengan detail login sbb untuk melihat halaman ini: email: investor@starshare.ph.gs, Password: A0^q#rhThJiR5X&Vouj1758M

NB: Anda mungkin tidak bisa melihat beberapa link di dalam dokumen OLP& SKL, karena berisi informasi penting organisasi.

Beragam peralatan yang perlu digunakan oleh Eksekutor; dari mulai software, akses software, hingga pembelajaran sebelumnya yang perlu dipahami, telah dijelaskan di dalam OLP.

Alur Kerja

Manajer Divisi bertugas membuat OLP& SKL. Apabila ada kendala, Eksekutor bisa bertanya/ meminta bantuan kepada Manajer Divisi. Apabila terdapat perubahan metode, Manajer Divisi berkewajiban untuk melakukan update pada OLP& SKL tersebut. Dengan begini, semua dokumen yang terkumpulkan, akan menjadi aset berharga perusahaan yang tidak akan hilang, meskipun Manajer Divisi, Eksekutor, dan SDM yang lain nya, keluar dari organisasi.

Kunci Utama

Kunci utamanya terletak pada penulisan keakuratan informasi. Banyak orang mengalami kesulitan yang besar& waktu yang lama dalam mengerjakan sesuatu dikarenakan mereka tidak tahu apa yang mereka harus lakukan. Mereka mencoba cara ini dan itu, sehingga membutuhkan banyak tenaga& waktu. Faktor lain nya juga dikarenakan sarana peralatan tidak memadahi. Manajer Divisi yang bertugas membuat OLP& SKL, akan dibekali kemampuan untuk menulis dokumen prosedur kerja (OLP& SKL) yang baik, lihat: Pembuatan OLP. Mereka juga akan dibekali dengan metode menganalisa masalah& menyelesaikan masalah, pembelajaran tentang Workflow Organisasi dan Sistem Administrasi Pemberian Order, agar bisa menjalankan sistem dengan baik.

Keseluruhan metode pembelajaran yang di tuliskan dalam situs Database STAR SHARE ini dibuat de

Tantangan Terbesar

Tantangan terbesar nya adalah terletak pada pembuatan layanan dalam variasi yang sangat banyak. Oleh karena itu, dokumentasi OLP& SKL harus di tulis dan dibuat semudah mungkin agar bisa dipahami orang lain. Eksekutor pun juga harus diberi penbelajaran tentang Pembacaan OLP, agar bisa mengerti OLP tersebut lebih mudah& cepat. Untuk kedepan nya, perlu juga dibuatkan sebuah video tutorial di dalam OLP untuk memudahkan Eksekutor baru mengerjakan order.

Untuk menekan biaya tenaga kerja, kita bisa menggunakan tenaga Freelancer dari para mahasiswa yang mau meluangkan waktu nya untuk mengerjakan tugas ini. Mereka bisa menerima upah Rp. 5.000/ jam saja. Dan untuk menanggulangi kerugian karena keluarnya SDM yang sudah di didik, ketika proses masuk menjadi anggota, mereka harus menandatangani sebuah perjanjian dimana gaji bulan pertama akan ditahan, dan akan diberikan pada bulan ke-6. Jika tenaga kerja keluar sebelum bulan ke-6, maka gaji bulan pertama mereka akan hangus. Ya, ini bisa di laksanakan. Percayalah, banyak orang yang membutuhkan pekerjaan diluar sana.

Agar pekerjaan yang dilakukan oleh Eksekutor ini tidak memakan biaya operasional yang besar, maka pekerjaan ini bisa dilakukan secara online, di tempat tinggal mereka. Jadi, mereka tidak perlu pergi ke kantor untuk menghabiskan waktu dan bensin. Hal ini sangat memungkinkan sekali, mengingat layanan yang kita jual tidak membutuhkan kehadiran barang fisik.

Sosial Impact

Banyaknya orang yang tidak memiliki pekerjaan di Indonesia adalah karena kurang nya pengetahuan dan pendidikan yang mereka miliki. Saya sendiri merasakan nya, ketika melakukan perekrutan dan menemukan bahwa kebanyakan orang tidak memiliki skill yang cukup untuk menempati posisi kritis. Alasan itu juga yang menyebabkan saya membuat sebuah metode pembelajaran OLP& SKL ini untuk membuat SDM dengan pengetahuan terbatas, bisa mengerti dengan lebih cepat tentang cara menjalankan sistem di dalam sebuah organisasi.

Sistem yang telah dibangun

Selama ini kami telah membangun banyak sistem yang berfungsi untuk pengorganisasian Foxy Tracker. Kami juga mendokumentasikan pembuatan dan pemahaman sistem awal. Tidak hanya dokumentasi tertulis saja tentang suatu metode (cara) untuk mengerjakan suatu tugas, namun beragam aset, seperti: Email Campaign, Domain Mail, Sites, CRM, Visitor Tracking, Customer Chat, dll, pun telah kami bangun juga. Semua aset tersebut mungkin tidak bisa Anda lihat sepenuhnya, dikarenakan kami belum membuat sebuah portal akses bagi tamu. Namun, untuk selayang pandang, Anda bisa melihat beragam dokumentasi database STAR SHARE ini pada video dibawah ini.

Saya berahap, bisa mendapatkan pendanaan dari VC untuk lebih mengembangkan lagi perusahaan ini ke tingkat yang lebih tinggi. Anda bisa mempercayai kemampuan saya atas semua buah karya manajemen yang telah saya buat ini. Mendapat pendanaan adalah jalur terbaik-dan tercepat- untuk melakukan nya.

Leave a Reply

Tutup Menu
×
×

Basket