Laporan Performa Bisnis

Pengertian

Laporan Performa Bisnis (atau nama lain nya adalah Laporan Investor) adalah laporan performa dari Startup yang didanai oleh Investor. Hal itu meliputi laporan arus kas, laporan performa anggota, pembuktian pengeluaran, dll.

Ketika Anda telah terdaftar sebagai Investor, maka Anda secara otomatis Anda akan melihat section Laporan Performa atas startup yang Anda danai ini di halaman Menu Investor. Bila Anda mendanai lebih dari satu startup, maka section Laporan Performa yang tertampil ini juga akan lebih dari satu.

Pada section Laporan Performa, Anda akan menemukan detail informasi dan data mengenai startup tersebut. Anda bisa membukanya satu persatu untuk melihat data selengkapnya.

Untuk memudahkan Anda dalam membaca laporan tersebut, maka kami buat panduan berikut. Gunakan lah petunjuk angka pada Gambar 1 dibawah ini untuk melihat tampilan lokasi pada bagian “Konten dan Penjelasan” dibawah ini.

Gambar 1: Laporan Performa

 

Konten dan Penjelasan nya

Header

Nenunjukan nama startup yang Anda danai dan Round (putaran pendanaan) yang saat ini Anda ikuti dalam investasi di dalam nya.

Panduan

[Gambar 1.1] Ini hanyalah sebuah tombol untuk memberitahu investor mengenai cara pembacaan dan penjelasan tentang tampilan Laporan Performa. Bila Anda mengeklik tombol Panduan ini, Anda akan diarahkan ke halaman ini.

Arus Kas

[Gambar 1.2] Bisa disebut ini adalah rangkuman laporan atas Laporan Performa secara keseluruhan. Laporan Arus Kas atau Cash Flow Report adalah laporan mengenai pemasukan, pengeluaran, keuntungan, dan segala hal yang berhubungan dengan keuangan. Dikarenakan konten nya yang banyak, maka pembacaan laporan arus kas ini penjelasan nya dipisah, dan bisa Anda cek disini: Arus Kas.

Kabar Bisnis

Bagian ini sebelum nya bernama Chat Historis. Kami telah mengambil keputusan dan mengubah nya menjadi Kabar Bisnis [Gambar 1.3]. Disini Anda akan menemukan laporan berupa video dari Pengelola/ Founder mengenai hal penting (highlight) apa saja yang terjadi pada startup yang Anda danai. Pelajari selengkapnya di: Kabar Bisnis.

Bukti Aktivitas

Bukti Aktivitas (nama sebelum nya adalah Performa Anggota) adalah dokumentasi atas aktivitas anggota startup yang disajikan secara formal [Gambar 1.4]. Laporan ini berisikan data absensi atau laporan atau file catatan yang dilakukan oleh setiap anggota startup tersebut. Contoh nya adalah file data absensi fingerscan yang dipasang di tempat kerja, ticket absensi yang dilakukan oleh anggota, hasil corat- coret pembelajaran, dll.

Semenjak awal Mei 2020, ketika laporan Chat Historis ditiadakan, dan diganti dengan Kabar Bisnis, maka bagian Bukti Aktivitas ini menjadi bersifat optional (tidak wajib) untuk dilaporkan. Lihat alasan nya: Pengambilan Kebijakan- Peniadaan Fitur Chat Historis.

Penjualan

[Gambar 1.5]. Pelajari lebih lanjut disini: Laporan Penjualan.

Expense

Expense atau Pengeluaran adalah jumlah dan bukti atas dana keluar yang digunakan, baik itu untuk kepentingan operasional ataupun pembangunan atas startup yang didanai [Gambar 1.6]. Pelajari selengkapnya: Expense. Lihat versi dari pengertian sebelum nya disini: Kamus- Expense.

Empl Sallary

Employee Sallary adalah gaji (yang dikeluarkan dari dana investasi yang diberikan oleh investor atau pemotongan laba kotor), untuk melakukan pembangunan ataupun operasional startup [Gambar 1.7]. Pelajari selengkapnya: Employee Sallary

Debt

Debt atau Hutang. Bagian ini berisikan rincian hutang yang dialami oleh Startup yang Anda danai [Gambar 1.8]. Pelajari selengkapnya: Hutang dan Alokasi.

PPH

Persentase Pembagian Hasil (PPH) adalah jumlah persentase yang diberikan kepada pihak investor yang menjadi acuan pendapatan tiap bulan [Gambar 1.9]. Terdapat nya perhitungan ini dikarenakan terdapat Multi Investor. Pelajari selengkapnya: PPH (Persentase Pembagian Hasil).

Bug& Fix

Bug= Kesalahan, Fix= Perbaikan. Di bagian ini, Anda bisa melihat kesalahan atau permasalahan yang dialami oleh platform atau sistem daripada startup yang Anda danai, dan bagaimana Founder dan Tim nya mengatasi hal tersebut [Gambar 1.11]

Tombol ini akan langsung membawa Anda pada bagian Bug and Fix pada platform websites startup yang Anda danai. Laporan ini bersifat publik, jadi Anda tidak perlu login (masuk) ke dalam platform untuk melihatnya.

Platform Dev

Platform yang dikembangkan oleh startup yang Anda danai [Gambar 1.12]. Fitur ini masih dalam pengembangan dan saat ini belum tersedia.

Project Visi dan Misi

Ini adalah fitur baru dari kami, yang mungkin belum kami luncurkan sepenuhnya. Fitur ini memungkinkan investor untuk memantau jalannya startup tersebut dengan user interface yang sangat baik [Gambar 1.13]. Fitur ini masih dalam pengembangan dan saat ini belum tersedia.

 

Cara Mengakses

Berikut ini adalah cara mengakses Laporan Performa yang akan diberikan oleh perusahaan Startup yang telah Investor danai. Perusahaan startup tersebut harus memberikan laporan yang paling jelas sesuai dengan ketentuan pelaporan yang kami (STASASHI) telah tentukan.

Menu Header

Cara pertama (dan paling praktis) adalah dengan melalui menu header. Pilih: Menu >> Menu Investor [Gambar 2.1]. Catatan: Anda harus login ke dalam situs untuk bisa melihat menu ini.

Menu Lanjutan

Anda juga bisa mengakses Performa Bisnis melalui Menu Lanjutan [Gambar 2.2]. Kemudian pada section “Menu Role”, pilih Investor [Gambar 2.3].

Tautan Berikut

Apabila Anda membaca artikel ini, Anda bisa langsung dapat melihat section Performa Bisnis dengan mengunjungi halaman ini: Menu- Investor.

Gambar 2

 

Hal Penting Terkait

Dasar penilaian atas keberhasilan/ kegagalan StartUp

Sebuah StartUp akan dinyatakan berhasil apabila capaian keuntungan bersih nya melebihi target yang telah di tentukan sebelum nya di dalam Proposal Fundraising StartUp STASASHI, dalam kurun waktu Fase Running.

Sebuah StartUp akan dinyatakan dalam keadaan BAIK apabila capaian keuntungan bersih nya melebihi 50% (lima puluh persen) target yang telah di tentukan sebelum nya di dalam Proposal Fundraising StartUp STASASHI , dalam kurun waktu Fase Running.

Untuk definisi kegagalan/ kebangkrutan sebuah Startup, bisa Anda lihat disini: Definisi Keadaan Bangkrut yang dialami oleh sebuah StartUp

 

Tanya Jawab

Mengapa StartUp boleh Mengajukan Pendanaan Lagi meski performa nya buruk

Lihat penjelasan nya di halaman ini: Mengapa Suatu Bisnis Patut dicoba Lagi Meskipun telah menunjukan hasil yang Gagal | StartUp Semarang. Di penjelasan dalam halaman tersebut, sebuah bisnis patut mendapatkan pendanaan lagi, apabila terjadi kesalahan manajemen dan bukan nya kesalahan Model Bisnis nya.

Mengapa Capaian 50% Penghasilan Bersih tidak dianggap Gagal

Kebanyakan sebuah bisnis yang sedang di rintis, peluang keberhasilan nya untuk mencapai Target sangatlah kecil. Bahkan, kebanyakan bisnis rintisan berakhir dengan kegagalan. Kami tidak ingin terlalu memberikan harapan berlebihan kepada sebuah bisnis yang baru, apalagi keadaan pada umum nya menunjukan hal itu sulit terlaksana.

Jadi, menurut kami, sudah bagus lah sebuah bisnis baru berhasil mencapai lebih dari 50% target. Sangat bagus lagi apabila capaian nya melebihi target. Namun, agar tidak terlalu kecewa, proporsi harapan kami turunkan.