Surat Perjanjian Kerjasama (SPK)

Pengertian

Pengertian 1: SPK atau Surat Perjanjian Kerjasama adalah sebuah Surat Perjanjian yang dikeluarkan oleh pihak STASASHI yang mengikat antara Investor dengan Pengelola. Surat perjanjian tersebut berisikan kesepakatan mengenai ketentuan pemberian permodalan dan berbagai macam pemecahan kasus apabila terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan. SPK terdiri dari 2 jenis, SPK Rangkap 1 dan SPK rangkap 2. SPK Rangkap 1 bisa di dapatkan oleh Investor yang memilih berinvestasi pada skala Medium. Sedangkan SPK Rangkap 2 bisa di dapatkan oleh Investor yang memilih berinvestasi pada skala Large.

Pengertian 2: Surat Perjanjian Kerjasama atau sering disingkat dengan SPK, adalah sebuah surat perjanjian yang dibuat oleh pihak STASASHI, yang nantinya akan digunakan oleh Investor dan Pengelola, sebagai bukti tertulis yang berkekuatan hukum dan bersifat mengikat kedua belah pihak.

 

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Jika Anda ingin melihat konten (isi) Surat Perjanjian Kerjasama, yang akan kami keluarkan ketika terjadi perjanjian investasi. Konten SPK setiap jenis startup pada dasar nya adalah sama. Yang membedakan nya hanyalah persentase pembagian hasil nya saja. Namun, SPK pada umum nya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu SPK untuk RDI (Resiko Ditanggung Investor) dan RDP (Resiko Ditanggung Pengelola). Anda bisa melihat contoh nya dibawah ini.

 

Cara Mendapatkan Softcopy SPK

[GB.01] Masuk ke Menu
[GB.02] Pada section “Customer Area”, pilih “MY Files”
[GB.01] Kemudian Anda akan mendapatkan file Softcopy Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Anda disana
 

Solusi SPK yang Salah Cetak tetapi Sudah Dikirim

Ketika Anda memesan Surat Perjanjian Kerjasama, ada kalanya terdapat kesalahan teknis penulisan. Baik itu yang dilakukan oleh Investor itu sendiri ataupun karena kesalahan operator kami.

Tidak perlu khawatir ataupun bingung yang berlebihan, karena pada intinya, sebuah Surat Perjanjian apapun itu, akan dianggap valid dari segi hukum, apabila kedua belah pihak saling mengetahui dan bisa bisa membuktikan atas perubahan yang terjadi pada SPK tersebut.

Apabila terdapat kesalahan penulisan SPK yang cukup krusial, seperti; Ejaan Nama, Tempat lahir, tanggal lahir, dll, harus di perbaiki. Cara untuk memperbaiki nya, bisa dilakukan dengan cara:

  1. Hubungi Customer Service
    1. Hubungi Customer Service kami, melalui Chat ataupun Email. Jangan melalui panggilan telepon karena Anda memerlukan bukti screenshot percakapan respon yang diberikan oleh Customer Care kami nantinya.
    2. Tanyakan mengenai masalah ini.
    3. Customer Service kami kemudian akan memberikan respon seperti ini: Silahkan mencoret data yang salah, kemudian lingkari… dst (Contoh text respon Customer Care bisa Anda lihat selengkapnya di bagian bawah nanti).
    4. Screenshot chat atau balasan pesan tersebut, kemudian print sebagai bukti bilamana diperlukan di masa mendatang.
  2. Lakukan Perubahan Data pada SPK tersebut
    1. Coret data yang salah.
    2. Tuliskan di samping nya atau di bagian yang kosong dalam surat perjanjian tersebut data yang benar.
    3. Lingkari data yang benar tersebut.
    4. Bubuhkan tanda tangan menyentuh lingkaran.
  3. Contoh:
Contoh Revisi SPK yang salah cetak

 

Tindakan Selanjutnya

  • Investasi Skala Large >=5 Juta rupiah
    • Lakukan tindakan diatas pada kedua jenis surat perjanjian (SPK), baik itu Rekap 1 ataupun Rekap 2, bila Anda menerima adalah calon investor yang memilih investasi skala large (berinvestasi dengan nominal 5 juta rupiah keatas). Karena ada dua rekap SPK yang dikirimkan kepada Anda.
    • Selanjutnya, kirimkan SPK tersebut ke kantor kami rekap kedua nya saja.
  • Investasi Skala Medium dan Small <5 Juta rupiah
    • Bila Anda adalah investor yang memilih investasi Skala Medium atau Small (berinvestasi dengan nominal 5 juta rupiah kebawah), lakukan tindakan diatas pada satu SPK saja. Karena hanya ada satu rekap SPK yang dikirimkan kepada Anda.
    • Selanjutnya, simpan SPK tersebut.

Pesan Customer Care

Silahkan melakukan tindakan berikut untuk menyelesaikan masalah ini:

[1]. Coret data yang salah.
[2]. Tuliskan di samping nya atau di bagian yang kosong dalam surat perjanjian tersebut data yang benar.
[3]. Lingkari data yang benar tersebut.
[4]. Bubuhkan tanda tangan menyentuh lingkaran.

Selengkapnya, silahkan lihat contoh dan praktek nya di halaman ini: https://www.stasashi.com/faq/solusi-spk-yang-salah-cetak-tetapi-sudah-dikirim/