Laporan Penjualan

Pengertian

Laporan Penjualan adalah laporan atas penjualan yang terjadi pada sebuah startup yang di danai oleh Investor. Penjualan yang dimaksud meliputi: Penjualan yang berhasil, refund, penjualan yang gagal (cancel), dll. Laporan penjualan ini terdapat di dalam websites startup. Setiap investor memiliki akses ke dalam nya [Gambar 1].

Sebelum nya, kami menggunakan invoice yang di download dan diberikan kepada investor untuk menunjukan penjualan yang terjadi. Namun, tim kami sekarang mengganti nya dengan laporan yang lebih praktis lagi, dan itu disebut dengan fitur Analitics Penjualan.

Gambar 1: Analitics Penjualan

Latar Belakang

Investor pastinya ingin (dan perlu) mengetahui penjualan yang terjadi pada startup yang di danai nya. Tidak hanya dari sisi laporan saja, namun dari sisi akurasi atas laporan yang diberikan.

Setiap penjualan yang terjadi di sebuah startup akan melalui websites. Semuanya akan terdokumentasikan disana secara otomatis, dan tidak bisa di ubah. Sistem tambahan mengenai “Analitics Penjualan” ini dikembangkan oleh pihak ke-3 (bukan STAR SHARE), sehingga independency atas laporan yang ditampilkan bisa dipercaya.

 

Cara Mengakses

Perlu diketahui, URL atau tautan akses atas laporan penjualan ini berbeda untuk setiap bisnis yang di danai. Informasi URL ini bisa di dapatkan dengan mengekik tombol “Penjualan” di section Laporan Performa di halaman Menu Investor. Anda nanti akan diarahkan ke sebuah lampiran panduan lanjutan. Tombol tersebut hanya bisa dilihat oleh Investor yang telah mendanai usaha tersebut.

Investor harus masuk menggunakan kombinasi email dan password untuk mengakses nya. Gunakanlah email yang Anda gunakan ketika membuat akun di dalam situs STASASHI. Untuk password, silahkan gunakan password default yang telah tertera disana.

Perhatian Penting: Untuk keamanan, silahkan mengubah password default yang kami berikan. Menu ubah password biasanya bisa mudah Anda temukan di bagian My Account pada situs startup tersebut.

Melihat Laporan Penjualan

  1. Buka URL halaman login.
  2. Tuliskan email yang Anda gunakan ketika mendaftar di STASASHI.
  3. Masukan password default. Kemudian login.
  4. Copy link laporan, kemudian paste di browser. Lalu tekan “Enter” atau “Go”.
  5. Anda nanti akan melihat laporan penghasilan atas startup tersebut.

 

Lain- lain

Historis Perubahan

Menu ini sebelum nya bernama “Invoice”. Berikut adalah keterangan penjelasan atas Invoice sebelum nya:

Lihat: Pengertian Invoice. Mulai awal tahun 2020, invoice tidak disajikan oleh Pengelola, namun bisa langtsung di akses oleh Investor di dalam websites startup yang Anda danai. Tombol “Invoice” akan memberikan panduan bagaimana Anda mengakses invoice tersebut.

Pada Mei 2020. menu Invoice ini kami ubah menjadi Laporan Penjualan. Dan tombol “Invoice” diubah menjadi “Penjualan”.