Kabar Bisnis

Pengertian

Kabar Bisnis adalah laporan dari pihak Pengelola mengenai hal penting (highlight) apa saja yang terjadi pada startup yang Anda danai. Laporan yang diberikan adalah berupa video. Bagian ini sebelum nya bernama Chat Historis. Kami telah mengambil keputusan dan mengubah nya menjadi Kabar Bisnis [Gambar 1.3]. Tidak hanya laporan speaking berupa video, namun konten video lain bisa digunakan sebagai bahan laporan juga akan disertakan disini.

Host (tempat penyimpanan) video akan menggunakan playlist di YouTube. Jadi, ketika membuka menu ini, Anda akan diarahkan ke halaman Playlist YouTube. Silahkan lihat dan cari playlist laporan performa untuk bulan tertentu.

Latar Belakang

Investor perlu mengetahui hal yang sedang terjadi pada bisnis yang di danai nya. Dikarenakan (dari catatan kami) kebanyakan investor bukanlah orang yang cukup mengerti dalam administrasi dan formalitas, maka pelaporan atau kabar berita mengenai bisnis tersebut harus disampaikan dengan media yang bisa dengan cukup mudah dimengerti oleh mereka. Akhirnya pun, kami memilih media video presentasi.

Dengan hal tersebut, di harapkan investor dapat memahami dengan mudah mengenai hal yang terjadi pada startup yang mereka danai. Dengan menyajikan tampilan yang sederhana, tanpa banyak atribut/ bukti pendukung, hal ini akan mempermudah pemahaman investor. Lihat juga: Pengambilan Kebijakan- Peniadaan Fitur Chat Historis.

 

Standar Pelaporan

Wajib

  • Menggunakan video HD dengan resolusi minimal 720p.
  • Menuliskan hal apa saja yang ingin disampaikan, dan menyertakan bukti pendukung nya.
  • Presentasi harus memiliki suara dari Founder/ Staff yang ditunjuk oleh Founder untuk menerangkan sesuatu.
  • Video penyimpanan tidak boleh bersifat publik atau mudah ditemukan publik.

Rekomendasi

  • Menampilkan bagian yang sekiranya perlu di perjelas dalam power poin tersebut.
  • Menampilkan/ memperlihatkan bukti pendukung dengan lebih jelas. Hal ini tidak hanya sebatas secara visual (gambar), tapi bisa juga dalam bentuk play suara, play video, zoom screenshoot, percobaan running program, dll.
  • Terdapat tampilan video wajah dari Founder/ Staff yang ditunjuk oleh Founder, ketika menerangkan konten dalam power point tersebut.
  • Media penyimpanan video panduan menggunakan sarana YouTube/ Google Drive.
  • Video penjelasan tidak dipotong.