Hutang dan Alokasi

Pengertian

Hutang yang dimaksud disini adalah sebuah hutang yang dimiliki oleh Startup (hutang perusahaan), dimana pembayaran nya diambilkan dari potongan keuntungan yang terjadi pada startup tersebut.

Latar Belakang

Sebuah perusahaan yang memiliki hutang adalah hal yang umum sekali terjadi. Begitu pula yang ada di STAR SHARE. Anak usaha yang dimiliki nya terkadang memiliki hutang juga.

Tidak setiap waktu performa perusahaan baik. Ada kalanya performa perusahaan menjadi sangat buruk, sehingga perlu suntikan dana tambahan untuk tetap bertahan melewati waktu sulit nya tersebut. Penyebab perusahaan yang mengalami performa yang buruk ada banyak faktor, antara lain: keadaan ekonomi yang buruk (terjadi wabah, krisis ekonomi dunia, dll), pengkhianatan yang terjadi dalam internal perusahaan, kerusakan parah yang terjadi dalam perusahaan, kegagalan dalam mengembangkan/ meluncurkan produk, dll.

Penggunaan suntikan dana tersebut tidak hanya digunakan untuk bertahan hidup saja. Terkadang juga digunakan untuk membuat pengembangan produk baru untuk mendongkrak arus kas, perluasan usaha dikarenakan pasar sebelum nya telah sepi, dll.

Kebanyakan sumber suntikan dana yang di dapatkan oleh perusahaan STAR SHARE berasal dari investor STASASHI. Ketika penggunaan suntikan dana tersebut malah menghasilkan kerugian, dan menyebabkan anak usaha dinyatakan bangkrut, maka anak usaha tersebut bisa melakukan Putaran Pendanaan tahap selanjutnya. Namun, dengan konsekuensi bahwa pendanaan dari Investor sebelum nya harus di kembalikan (bila jenis resiko atas investasi tersebut adalah RDP).

Tampilan

Satu dokumen berisikan data hutang dalam satu tahun yang dimiliki oleh sebuah startup. Pembayaran atas dana hutang tersebut (alokasi hutang) juga di dokumentasikan disana.

Display dokumentasi hutang

 

Pembacaan Data

Dokumen

Ini adalah bagian mengenai rincian hutang yang dimiliki oleh sebuah startup. Lihat Gambar 1.1.

  • ID Dokumen: Kode dokumen atas rincian hutang yang dimaksud.
  • Jumlah: Nominal (dalam rupiah) atas ID dokumen hutang yang dimaksud.
  • URL Dokumen: URL file softcopy dari Google Drive mengenai dokumen hutang yang dimaksud.

Perhitungan Tiap Bulan

Ini adalah bagian mengenai informasi terbaru tentang hutang setiap bulan nya. Dari sini, bisa diketahui sisa hutang, jumlah yang dibayarkan di bulan tertentu, dll. Lihat Gambar 1.2.

  • Nominal: Jumlah hutang yang dimiliki pada suatu bulan yang dimaksud. Bila di bulan Juni tertera Rp. 10.000.000 di bagian tersebut, maka bisa dikatakan, bahwa di bulan Juni, startup tersebut masih memiliki hutang sebesar Rp. 10.000.000.
  • Alokasi Sebelum nya: Jumlah uang yang di potongkan dari startup yang dimaksud pada bulan sebelum nya. Angka ini biasanya ada bila jumlah alokasi hutang di bulan sebelum nya belum mencapai ambang batas layak transfer.
    • Sebagai contoh: Sebuah startup ABC di bulan sebelum nya mendapatkan alokasi hutang sebesar Rp. 95.000. Startup ABC tersebut memiliki hutang kepada Investor lama. Pihak Manajemen STAR SHARE telah membuat keputusan internal, bahwa ambang batas layak transfer untuk investor adalah sebesar Rp. 100.000. Dikarenakan alokasi hutang sebelum nya adalah hanya Rp. 95.000 saja, maka belum termasuk layak transfer. Sehingga, dana tersebut ditahan untuk nanti ditambahkan dengan alokasi hutang bulan ini, agar bisa mencapai ambang batas layak transfer. Sehingga barulah bisa di transfer.
    • Ambang batas layak transfer didasarkan atas perhitungan yang subjektif dan perkiraan. Sebagai contoh ambang batas layak transfer bagi investor adalah Rp. 100.000. Bisa di bayangkan sendiri bila ambang batas layak transfer kepada investor di tentukan dengan nilai Rp. 20.000. Tentu keputusan ini bisa menjadi hal yang kurang pantas, bilamana Anda membayangkan sendiri ketika memberikan biaya angsuran sebesar Rp. 20.000 tersebut kepada investor.
  • Alokasi Bulan ini: Jumlah uang yang di potongkan dari startup yang dimaksud pada bulan saat ini. Angka ini berasal dari nilai ketetapan alokasi hutang dari pendapatan bersih yang terjadi di bulan ini. Perhitungan ini ada pada arus kas.
  • Alokasi Keseluruhan: Jumlah Alokasi Sebelum nya + Alokasi Bulan ini.
  • Dibayarkan: Jumlah yang dibayarkan kepada debitur pada bulan ini.
  • Sisa Hutang: Jumlah sisa hutang yang dimiliki oleh startup yang dimaksud, pada bulan ini.
Gambar 1

 

Lain- lain

Ketetapan

  • Ambang batas layak transfer kepada Investor: Rp. 100.000
  • Alokasi hutang: 10% X pendapatan bersih.

Dokumen Hutang

Pengertian dokumen hutang atas hal ini adalah: Sebuah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh PT. BERBINTEK, yang menyatakan bahwa salah satu startup (yang dimaksud dan data nya ada dalam lampiran) memang benar memiliki hutang dengan rincian yang telah dijelaskan di dalam dokumen tersebut.

  • Dokumen hutang biasanya dikelompokan sesuai sumber nya, dimana dokumen tersebut dicetak dan dikeluarkan (issued) oleh PT. BERBINTEK. Rincian atas hutang biasanya disertakan pula di lampiran softcopy tersebut juga.
  • PT. BERBINTEK bertanggung jawab atas konten (isi) dari dokumen hutang tersebut.
  • Dokumen Hutang memiliki kode files: S.PER DEBT.
  • Lihat contoh tampilan dokumen hutang pada Gambar 2.
Gambar 2